SEKILAS INFO
: - Saturday, 31-07-2021
  • 2 bulan yang lalu / Mulai tanggal 13 – 17 Mei 2021 SERVER mengalami “Maintenance Server” (Perawatan dan Perbaikan), Harap Maklum. Admin
  • 2 bulan yang lalu / Civitas Akademika STAI Al Kamal Sarang Rembang Mengucapkan “Minal Aidin wal Faidzin” Mohon Maaf Lahir dan Batin 1442 H
  • 3 bulan yang lalu / Mahasiswa STAI Al Kamal Sarang Rembang mulai 18 April s.d 03 Mei 2021 mengadakan FESTIVAL RAMADHAN 2021
Tantangan Mahasiswa KKN STAI Al Kamal Sarang Rembang pada Masa Pandemi

Sebagai institusi pendidikan, perguruan tinggi memiliki distingsi tersendiri dengan jenis institusi pendidikan lainnya. Berbeda dengan sekolah dan madrasah, perguruan tinggi memiliki tiga fungsi dan tugas yang disebut dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tiga dharma itu adalah pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pendidikan dilakukan dengan aktifitas belajar-mengajar di kelas sesuai keilmuan pada program studi masing-masing, penelitian dilakukan oleh mahasiswa dalam bentuk tugas akhir skripsi dan dosen dalam bentuk penelitian kompetitif. Sedangkan pengabdian pada masyarakat dipraktikkan oleh mahasiswa dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata dan dalam bentuk lainnya juga dilakukan oleh para dosen. Oleh karena itu, Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab besar sebagai pengembang dan penemu teori ilmu pengetahuan melalui fungsi pendidikan dan penelitian, serta harus berperan secara langsung untuk berkontribusi menangani masalah sosial di tengah-tengah masyarakat melalui fungsi pengabdiannya.

Di tahun 2021 ini, khususnya dari bulan Juli sampai dengan Agustus, Lembaga Penelitian dan Pegabdian kepada Masyarakat (LP2M) STAI Al Kamal Sarang Rembang memiliki agenda tahunan, yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahassiwa. Namun, pada tahun yang spesial ini, proses kegiatan pengabdian tidak dapat dilakukan secara maksimal seperti biasa, karena adanya Pandemi Covid 19 dengan kebijakan Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Se Jawa-Bali yang dicanangkan pemerintah. LP2M akhirnya melakukan penyesuaian-penyesuaian yang terkait dengan program kegiatan Kuliah Kerja Nyata Perguruan Tinggi, sebagaimana juga dilakukan oleh perguruan tinggi yang lainnya.

LP2M STAIKA memprogram sedemikian rupa agenda KKN Tahun 2021 ini dengan berbagai inovasi hingga memenuhi bobot 4 SKS (Sistem Kredit Semester). Dalam masa pandemi ini, tema KKN 2021 adalah “Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Pendampingan Kegiatan Pemerintahan dan Masyarakat Desa”. Dua sasaran yang menjadi konsentrasi KKN, yaitu pemerintah desa dan masyarakat desa. Kegiatan para mahasiswa diharuskan mematuhi protokol kesehatan covid-19, yaitu memakai masker,menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan tidak melakukan pertemuan resmi dalam skala besar. Oleh karena itu, ruang lingkup program KKN 2021 STAIKA disesain lebih mikro, yaitu mengikuti bagian dari program pemerintah desa, antara: a) bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, b) bidang pemberdayaan masyarakat dan c) bidang penanggulangan bencana. Pada bidang penanggulangan bencana, dikhususkan pada penanganan pandemi covid-19 di desa tempat KKN. Melalui patokan tiga aspek program diatas, para mahasiwa diharuskan mengembangkannya ke dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi pemerintahan desa maupun yang langsung dapat dirasakan warga desa.
Sebagai realisasi dari MoU (Memorandum of Understanding) STAIKA dengan Pemerintah Kecamatan Sarang, Kuliah Kerja Nyata dilakukan di wilayah Kecamatan Sarang selama 5 Tahun. Di tahun 2021 ini merupakan KKN ketiga yang dilakukan STAIKA di wilayah Kecamatan Sarang. Oleh karena itu, dengan surat nomor 140/590/2021, Camat Kecamatan Sarang memberikan rekomendasi lima desa seabagai tempat KKN, yaitu Desa Sumbermulyo, Desa Nglojo, Desa Lodanwetan, Desa Pelang dan Desa Baturno. LP2M STAIKA merespon dengan segera meyiapkan materi dan panduan KKN yang dalam rencanannya dilakukan pada tanggal 6 Juli sampai dengan 6 Agustus 2021. Sesuai dengan rekomendasi tempat lima desa sebagai sasaran KKN, mahasiswa yang telah memenuhi syarat dibagi ke dalam 5 (lima) kelompok dengan masing-masing satu orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Masing-masing DPL telah dibekali dengan segenap piranti keilmuan dalam pengabdian masyarakat ini, yang nantinya bertugas dalam mendampingi, mengarahkan program, membimbing dan mengevaluasi kerja-kerja pengabdian yang dilakukan mahasiswa.Tiap mahasiswa diwajibkan menyelesaikan kegiatan kerja pengabdian sebanyak 126 jam selama sebulan, yang lebih sedikit dari tuntutan KKN pada umumnya, yang mengharuskan mereka tinggal penuh di desa selama masa KKN berlangsung. Hal ini dilakukan berkaitan dengan kebijakan PPKM darurat dari pemerintah. Selanjutnya, sebagai bahan evaluasi, mahasiswa diharuskan membuat laporan individu 126 kerja kegiatan KKN, dan laporan kelompok berbentuk dokumen dan media. Khusus untuk laporan kelompok ini, akan dipresentasikan dan diuji oleh tim dosen sebagai bahan evaluasi sejauh mana keberhasilan program kegiatan KKN yang telah dilakukan.
Kuliah Kerja Nyata Tahun 2021 ini adalah wujud pengabdian STAI Al Kamal secara institusi, kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Kehadiran mahasiswa di lima desa ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih walaupun sekecil apapun bagi berlangsungnya peningkatan kinerja pemerintah desa dan berdampak pada masyarakat desa secara langsung. Para mahasiswa ini juga dapat menjadi mitra pemerintah desa—khususnya Satgas Covid 19 tingkat Desa—untuk membantu kelancaran berjalannya kebijakan PPKM Darurat di tingkat Desa tempat KKN masing-masing.
LP2M berkomitmen mengambangkan program kegiatan pengabdian mahasiswa ataupun dosen STAI Al Kamal.Tentunya untuk menuju pengabdian yang berkualitas, dengan metode-metode riset terkini dan dapat dirasakan secara langsung melalui program-program pemberdayaan. Dalam merealisasikan hal tersebut, sangat membutuhkan kerjasama aktif dari semua civitas akademika STAIKA dan masyarakat pada umumnya. Kritik metodologis ataupun praktis sangat dibutuhkan dalam penyempurnaan program-program pengabdian berikutnya.

Penulis

Kepala LP2M

Muhammad Rouf, M.Pd

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Laporan Beban Kerja Dosen

Nominasi Juara Festival Ramadhan 2021

Festival Ramadhan 2021

Data Kampus

STAI Al-Kamal Sarang Rembang

NSPTKI : 213038

Gondangkrojo, Sendangmulyo
KEC. Sarang
KAB. Rembang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 59274
TELEPON 085225255402
FAX 03564160140
EMAIL staialkamal@gmail.com